Pelabuhan Kuala Tanjung Akan Jadi Lokomotif Pembangunan Ekonomi

Batubara, (Analisa). Anggota DPR RI Ir Ali Wongso S mengatakan, Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka akan menjadi lokomotif pembangunan ekonomi Indonesia bagian barat umumnya dan Batubara sekitar khususnya.

Proyek Masterplan Percepatan Pereluaan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) tersebut dijadwalkan dimulai pembangunannya paling lama awal 2014, ujar Ali Wongso di sela reses di Mess PT Inalum kota pemukiman karyawan Tanjung Gading, Selasa (6/11) sore.Menjawab Analisa setelah berkeliling di daerah yang mekar dari Asahan tersebut, Ali Wongso mengatakan, Batubara memiliki potensi dan prospek cukup besar untuk dikembangkan. Baik sektor sumber daya ekonomi, maupun pertanian dan perkebunan, demikian juga kelautan dan pariwisatanya, semuanya dimiliki Batubara.

Karenanya bila ditata secara bagus dan rapi, mudah-mudahan, Batubara akan cepat berkembang maju dan mampu mengimbangi daerah lain di Sumatera Utara (Sumut) khususnya dan Indonesia umumnya.

Apalagi dikaitkan dengan proyek MP3EI Sei Mangkei di Simalungun. Bila proyek MP3EI selesai, otomatis, berbagai komoditi dan produksi daerah itu jelas akan diekspor melalui pelabuhan Kuala Tanjung.

Demikian juga komoditi dari produksi daerah lain, seperti Simalungun, Asahan, Labuhan Batu Utara (Labura) dan Labuhan Batu induk, sangat efisien diekspor dari Kuala Tanjung, tanpa harus jauh ke Belawan.

Dan ketika Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain SH MM memaparkan programnya untuk emembangun jalur rel kereta api dasri Bandar Tinggi menuju Kuala Tanjung, Ali Wongso mengaku lanagsung menghubungi Dirjen Perkeretaapian. Terbukti jalur rel kareta api itu sudah mulai dilakukan pembangunannya dengan pencangkolan tempat rel itu dibangun. Itu juga nanti segera akan selesi, ujar Ali Wongso yang juga anggota Komisi V DPR RI tersebut.

Anggota DPR RI yang juga Ketua DPP Partai Golkar itu juga menyebutkan, bila proyek MP3EI tersebut selesai, di kawasan Batubara sekitar akan bermunculan industri lain dan menyerap tenaga kerja tidak sedikit. Demikian juga biro jasa dan lainnya, katanya.

Reses yang digelar Ali Wongso akan berlanagsung sampai 1 Desember 2012. Selain Batubara, saat reses, Ali Wongso juga mengunjungi daerah pemilihan (Dapil) III Sumut lainnya, termasuk Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu dan lainnya.

Ketika bertemu wartawan Ali Wongso didampingi Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin SE Msi dan Ketua Otorita Asahan Marco Polo.

Sumber : http://www.analisadaily.com

Tinggalkan komentar